pariwisata kabupaten jember

Ada Wisata Rumah Susu Krucil di Probolinggo

  Dibaca : 5 kali
Ada Wisata Rumah Susu Krucil di Probolinggo
Murid sekolah dasar saat memeras susu langsung di kandang (pix).

Memontum Probolinggo—–    Pengembangan wisata edukasi mulai dikembangkan di Kabupaten Probolinggo. Seperti salah satu destinasi wisata baru yang bertempat di Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo.

Di tempat ini bukan seperti wisata alam seperti umumnya, tapi wisata yang satu ini diberi nama Wisata Susu.

Banyak para wisatawan yang mulai memperbincangkan wisata susu tersebut dan Banyak wisatawan yang menganggap wisata susu ini sangat eksotis dan menyimpan sejuta pesona keindahannya. Bahkan, banyak wisatawan dari luar Probolinggo yang sengaja datang ke tempat ini.

Kandang sapi perah yang bisa di peras langsung oleh wisatawan. (Pix).

Kabupaten Probolinggo sangat memperhatikan wisata lokal yang ada di wilayahnya, misalnya seperti akses jalan menuju wisata ini sudah bagus. Hampir jarang sekali ditemui jalan rusak, tapi harus siap dengan jalan yang berbelok belok.

Tapi dari jalan yang berbelok tersebut kita akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah. Selain itu udara di kawasan ini sangat sejuk dan dingin. Disarankan bagi wisatawan yang tidak tahan dingin untuk membawa pakaian tebal atau jaket.

Setibanya di Krucil, langsung wisatawan akan disuguhkan dengan banyaknya petani sapi perah yang menjadi salah satu usaha warga Krucil.

Pengunjung saat menikmati susu olahan di rumah susu.(pix).

Pengunjung saat menikmati susu olahan di rumah susu.(pix).

Uniknya, wisata susu di kawasan ini menawarkan sejuta sensasi. Pertama, wisatawan bisa datang ke kandang sapi perah, Di tempat tersebut wisatawan bisa mencoba langsung memerah susu dari sapinya.

Umumnya, tawaran memerah sapi secara langsung ini banyak dinikmati wisatawan. Banyak wisatawan yang ingin merasakan langsung bagaimana susahnya memerah susu sapi.

Tidak puas dengan kegiatan memerah sapi, bagi wisatawan bisa datang ke rumah susu. Di rumah susu tersebut wisatawan bisa melihat secara langsung bagaimana pengolahan susu dari sapi hingga susu itu siap dipasarkan.

Di tempat itu juga bisa dilihat cara memfiliterisasi susu dari bakteri, disterilkan, dikemas, hingga dipasarkan. Susu di Krucil ini memiliki kualitas dan kuantitas yang sangat baik sekali.

Dari hasil yang di dapat memontum.com, didapatkan, susu yang dihasilkan dari petani sapi perah di Krucil ini menjadi salah satu unggulan Jawa Timur dalam bidang susu.

Ini terbukti juga hasil susu di Krucil memiliki tingkat solid sebesar 12,4 persen per satu liter susu. Padahal ukuran susu di Jawa Timur menargetkan tingkat solid susunya 12,1 persen. Dari hasil ini bisa digambarkan susu petani Krucil memiliki kualitas dan kuantitas super.

Tak hanya itu, susu sapi Krucil ini masuk dalam grade nomor satu tingkat nasional. Susu dari Krucil ini memiliki jumlah bakteri di bawah 1 juta/ml susu. Bisa di artikan  susu dari Krucil mendapatkan nilai 95 dari 100.

Di rumah susu, wisatawan tak hanya bisa melihat susu. Tapi, wisatawan juga bisa melihat semua olahan makanan yang berbahan dasar susu. Seperti, ice cream susu, krupuk susu, yoghurt, dan dodol. Semua berbahan dasar susu dan dijual secara murah di Krucil.

Tak perlu khawatir, karena inibtermasuk wisata alam yang murah, karena dijamin bagi wisatawan yang berkunjung ke Wisata Susu tak akan menghabiskan banyak anggaran pengeluaran.

Wisata susu ini sangat cocok dijadikan wisata keluarga. Sebab, selain budget yang dikeluarkan tidak terlalu besar, wisata ini menyimpan banyak edukasi.

Wisatawan bisa memetik ilmu sepulangnya berkunjung dari wisata susu ini. Bahkan, bagi mereka yang kreatif, bisa mengembangkan konsep wisata ini di daerahnya masing-masing.

Seperti Ecti, yang bersama teman temannya mengatakan, meski baru pertama kali berkunjung ke wisata susu ini, ia sudah jatuh hati.

“Saya baru pertama kesini karena penasaran, tapi memang pas banget tempatnya. Dan yang pasti tidak akan kecewa,” ungkapnya malu.

Maka dari itu, berkunjung ke Krucil diibaratkannya bertemu dengan surga.

“Enak di sini, bisa minum susu sepuasnya. Ada makan lain yangvterbuat dari susu, yang terpenting harganya murah, dan rasanya pun masih alami, Beda dengan susu bila sudah dikemas,” tambahnya.

Sementara itu, pengelola KUD Argopuro, Suloso mengatakan, di KUD ini, per hari bisa menghasilkan 250 liter susu sapi alami. Dan susu itu dihasilkan dari sapi sapi milik petani di Krucil.

“Susu di sini memang memiliki banyak kelebihan. Dan susu Krucil sudah terbukti kualitasnya bahkan sudah masuk standar SNI,” jelasnya.

Selain susu di sini mempunyai rasa yang khas, susu di sini, sangat minim sekali kemungkinan terjangkit bakteri.

“Faktornya ya karena kami berikan perawatan yang maksimal. Sapi sapi kami berikan makanan dan nutrisi yang sepadan. Jadi prinsipnya, ketika sapi itu sehat, maka susu yang dihasilkannya pun juga akan sehat,” jelasnya.

Menurut dia, hasil perahan susu sapi dari petani ini dikumpulkan di KUD. Setelah itu dijual ke beberapa pengepul susu sapi, termasuk ke perusahaan susu besar di Indonesia. Susu di sini menjadi pemasok bahan dasar susu ke sebuah pabrik produsen susu terbaik di Indonesia.

“Sisanya itu biasanya kami manfaatkan untuk membuat makanan dan minuman olahan berbahan dasar susu,” ungkapnya lagi.

Di tempat terpisah Sekretaris Kecamatan Krucil, Sutrisno, menambahkan, pihaknya memang sangat mendukung kemajuan wisata di Krucil ini.

Tidak hanya itu, Sutrisno bersama Camat dan semua elemen masyarakat di Krucil bertekad untuk memperkenalkan Krucil ke tingkat Jawa Timur, Nasional, atau bahkan Internasional.

“Kami punya potensi wisata yang cukup bagus. Wisata di tempat kami tak kalah dengan daerah lain. Selain wisata susu, kami punya pegunungan, air terjun, tanaman holtikultura, kopi, dan masih banyak lagi,” tutupnya Rabu (18/10/2017). (pix/yan)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
iklan cukai pemkab sidoarjo

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional