iklan Penerimaan Mahasiswa baru universitas wisnuwardhana

Keindahan Ranu Klakah Kurang Perhatian Pemerintah

  Dibaca : 51 kali
Keindahan Ranu Klakah Kurang Perhatian Pemerintah

Memontum Lumajang—-Ranu Klakah Lumajang merupakan salah satu danau dari tiga danau yang berada di lereng Gunung Lemongan. Danau ini merupakan danau terluas dan terbesar, serta kondisinya masih cukup alami dan menjadi salah satu tempat untuk mencari ikan masyarakat sekitar.

Ranu Klakah terletak di desa Tegal Randu, kecamatan Klakah, kabupaten Lumajang, Rute menuju Ranu Klakah dari pusat kota Lumajang melewati jalur utama penghubung antara kabupaten Lumajang dengan kabupaten Probolinggo. Memasuki pusat kecamatan Klakah disekitar pasar belok ke arah timur atau ambil jalan ke arah desa Tegal Randu menuju Ranu Klakah. Pada sebuah tikungan jalan terlihat gerbang masuk wisata Ranu Klakah yang diberi portal untuk retribusi wisata.

Beberapa meter dari gerbang masuk obyek wisata Ranu Klakah, pengunjung tiba di kawasan danau Ranu Klakah, Area parkir yang disediakan di tempat ini hanya untuk kendaraan roda dua saja, sedangkan kendaraan roda empat parkir di tepi jalan. Untuk parkir di tepi jalan pun kendaraan roda empat sedikit kesulitan karena kondisi jalan yang sempit dan sangat berhimpit ketika keduanya berpapasan.

Pada Area wisata Ranu Klakah terdapat penginapan dan juga tempat santai bagi pengunjung juga tempat bermain untuk anak-anak, Pantauan Media ini, Selasa(27/3/2018) Ranu Klakah masih sepi pengunjung. beberapa fasilitas yang berada di area tersebut memprihatinkan, kondisi penginapan terlihat tidak terawat dan nyaris seperti gudang, lampu penerangan yang dibiarkan patah serta fasilitas bermain untuk anak-anak juga rusak. Mungkin beberapa hal tersebut yang membuat Ranu Klakah kurang diminati para wisatawan.

Obyek Wisata Ranu Klakah sebenarnya merupakan tempat yang Indah, Danaunya yang luas serta pemandangan alam disekitar yang masih alami serta dari tempat ini akan terlihat Gunung Lemongan menjulang tinggi. Sayang sekali potensi yang ada belum maksimal mendapat perhatian dari Pemerintah setempat.(adi/nay)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional