iklan Penerimaan Mahasiswa baru universitas wisnuwardhana

75 Turis Malaysia Kepincut Wisata MBS dan Petik Buah Pangkah Wetan

  Dibaca : 340 kali
75 Turis Malaysia Kepincut Wisata MBS dan Petik Buah Pangkah Wetan

Memontum Gresik — Ada yang berbeda pada hari ini, Selasa (20/3/2018), meskipun bukan hari libur, Wisata Muara Bengawan Solo (MBS) nampak lebih ramai daripada biasanya. Ramainya wisata ini bukan tanpa alasan, lantaran ada 75 Turis asal Malaysia yang mendatangi Wisata MBS di Pangkah Wetan, Ujungpangkah, Gresik.

75 Turis Negeri Jiran yang tiba di Pangkah Wetan langsung disambut oleh kesenian Pencak Macan Warga sekitar. Sebelum memasuki area wisata MBS, para Wisatawan Mancanegara (Wisman) ini didampingi pemandu Wisata, menaiki perahu wisata yang disediakan pengelola. Terlihat pada saat melakukan perjalanan susur sungai, para pemandu wisata menceritakan informasi terkait wisata yang ada di Desa Pangkahwetan.

Sesampainya di lokasi wisata MBS, para wisatawan diajak menikmati panorama berbagai macam pohon mangrove. Tak sedikit, mereka juga menyempatkan untuk berswafoto di area MBS yang juga menyediakan fasilitas untuk berfoto yang “Instagram Banget”.

Selain itu, beberapa wisatawan juga menyempatkan diri untuk belajar terkait pohon mangrove serta cara budidayanya.

Salah satu wisatawan asal Malaysia, Abdul Somad, mengakui jika wisata yang berada di Desa Pangkahwetan sangat mengesankan. Apalagi, para pemandu wisata berkompenten dan ramah.

“Kami sejak turun dari bis, disambut luar biasa. Kalau dulu hanya tahu Bengawan Solo di bait lagu, kini, kami diajak wisata susur sungai Bengawan Solo jadi tidak penasaran lagi,” katanya.

Somad mengakui destinasi yang ada di Kabupaten Gresik sangat banyak dan beragam, mulai dari wisata alam, petik buah, hingga religi.

“Intinya kami senang bisa ke sini, makanannya enak-enak, orangnya ramah-ramah dan tentunya kalau ada kesempatan akan balik ke sini lagi,” tambah dia.

Setelah puas mengunjungi wisata MBS. Masih di Desa Pangkahwetan, wisatawan lalu diajak untuk memetik buah rambutan dan kelengkeng di area pertanian desa.

Mereka diajak berkeliling ladang sembari makan buah di agrowisata tersebut. Setelah berkeliling agrowisata buah, para wisatawan disuguhi kuliner khas pesisir Kecamatan Ujungpangkah.

Kepala Desa Pangkahwetan, Syaifullah Mahdi yang ikut mendampingi para Turis mengatakan, desa yang dipimpinnya kini mulai dilirik wisatawan dari mancanegara.

Sandi panggilan akrab Syaifullah Mahdi menjelaskan, wisata yang terdapat di Desa Pangkahwetan kini mulai beragam mulai dari wisata MBS, agrowisata buah serta kuliner khas pesisir.

Ke depan, dirinya berharap, kunjungan wisatawan mancanegara semakin bergeliat dan dikenal luas di mancanegara.

“Kunjungan rombongan dari Malaysia ini menjadi momentum kita agar semangat membangun wisata. Kami berharap wisata di desa ini kembali dikenal,” Kata Sandi.

Sandi juga berharap, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik bisa peduli dengan geliat pariwisata yang ada di desa.

“Kami berharap Dinas pariwisata untuk bisa membantu wisata yang ada di desa. Agar wisata ini kembali dikenal oleh masyarakat luas,” pungkasnya. (gbr/sgg/yan)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional