pariwisata kabupaten jember

Tanah Reco Sukoreno Diresmikan, Diharapkan Bisa Menjadi Wisata Heritage

  Dibaca : 4 kali
Tanah Reco Sukoreno Diresmikan, Diharapkan Bisa Menjadi Wisata Heritage
Ir Eko Heru Sunarso Kepala Dispemades Kabupaten Jember saat resmikan Tanah Reco di Desa Sukoreno, Kecamatan Umbulsari, Jember.

Memontum Jember—Tanah Reco yang berada di Dusun Krajan 6 Desa Sukoreno, Kecamatan Umbulsari, Jember Jumat (16/3/2018) sekitar pukul 14.00 wib diresmikan. Dalam rangkaian peresmian itu, dimeriahkan dengan gamelan dan juga tradisi jaranan reog. Acara ini mendapat respon baik dari masyarakat yang sebagian warganya memeluk Islam.

Peresmian tanah Reco ini adalah cikal bakal Desa Sukoreno. Pada tahun 1960, di kawasan tersebut ditemukan sebuah patung Siwa dan Lingga Yoni. Saat ini diamankan di museum Trowulan Mojokerto.


Dengan pembangunan dan pemugaran inilah warga dan panitia berharap, nantinya Desa Sukoreno yang dulunya bernama Gumuk Lengar ini, akan semakin dikenal dunia dengan destinasi wisata haritage. Pemkab Jember pada peresmian tanah Reco ini, dihadiri oleh Kepala Dispemades Kabupaten Jember yaitu Ir Eko Heru Sunarso.

Dalam peresmian tanah Reco tersebut, pihaknya meletakkan batu bata pertama di atas bangunan ukuran 2 x 4 meter itu, yang di atasnya berlubang. Ketika batu bata peninggalan sejarah tersebut diletakkan. Maka peresmian tanah Reco selesai dilakukan.


Kades Sukoreno, H Khoiri mendampingi Camat Umbulsari Viras Chalid SH, yang hadir dan menyaksikan pemugaran dan peresmian tanah Reco desa Sukoreno tersebut. Tak luput juga para pemangku adat umat Hindu dan panitia juga turut serta dalam gelaran singkat itu.

Kepala Dispemades Jember Ir Eko Heru Sunarso mengungkapkan sangat bersyukur telah dipercaya oleh pihak Desa Sukoreno, dalam peresmian cikal bakal desa ini. Dulunya bernama Gumuk Lengar. Berharap kedepannya petilasan yang telah dibangun ini, akan menjadi cikal bakal destinasi wisata religi. Untuk menambah kerukunan antar umat beragama yang berdaulat Indonesia kecil. (Lum/nay)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
iklan cukai pemkab sidoarjo

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional