pariwisata kabupaten jember

Ayam Lodho Jadi Ikon Kuliner Khas Trenggalek

  Dibaca : 6 kali
Ayam Lodho Jadi Ikon Kuliner Khas Trenggalek
kuliner khas Trenggalek, ayam Lodho

Memontum Trenggalek—Belum lengkap rasanya jika datang ke Kabupaten Trenggalek, tidak mencicipi menu andalan khas yakni Ayam Lodho. Kuliner khas Kota Keripik Tempe ini bahkan sudah ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya tak benda oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur beberapa waktu lalu.

Ayam Lodho merupakan masakan berbahan dasar ayam yang diolah menggunakan bumbu – bumbu rempah dengan citarasa pedas. Biasanya ayam Lodho ini sangat cocok disandingkan dengan urap dan nasi putih.

Salah satu owner ayam Lodho di Kabupaten Trenggalek mengatakan bahwa cara pengolahan kuliner ayam Lodho ini berbeda dengan masakan – masakan lain pada umumnya.

“Untuk membuat masakan ayam Lodho ini diperlukan jenis ayam kampung yang memiliki tekstur yang empuk dan bercitarasa khusus. Selanjutnya ayam kampung dipanggang setengah matang, dan diungkep bersama bumbu racikan khas Lodho, ” ucap Infusiana, saat ditemui di rumahnya, Rabu (21/02).

Saat ini pihak Pemerintah Daerah telah memasyarakatkan ayam Lodho sebagai icon kuliner khas Trenggalek ke tingkat nasional maupun internasional.

Kabupaten Trenggalek memang dikenal dengan daerah yang berpotensi wisata baik wisata pantai, maupun wisata budaya. Akan tetapi, kuliner yang ada di Kabupaten Trenggalek juga sayang jika dilewatkan. Makanya jika singgah di Kabupaten Trenggalek, kuliner ayam Lodho wajib untuk dicoba dan dinikmati.

“Kebanyakan yang mampir ke warung memang masyarakat luar Trenggalek. Selain citarasa masakan yang lezat, harganya pun juga cukup terjangkau. Sekitar Rp 20 ribu per porsi, ” imbuhnya.

Kuliner ayam Lodho sendiri merupakan kuliner warisan daerah Mataraman yang telah dikenal turun menurun sejak masa Kerajaan Majapahit. Yang mana sampai saat ini, masakan ini menjadi idola masyarakat lokal maupun luar kota.

Bahkan dalam beberapa acara adat, masakan ayam Lodho ini selalu menjadi menu istimewa. Selain memiliki makna tersendiri dalam suatu acara, masakan khasTrenggalek ini diharapkan bisa lebih dikenal dan dijaga agar tidak tergeser oleh makanan modern yang ada saat ini. (mil/yan)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
iklan cukai pemkab sidoarjo

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional