pariwisata kabupaten jember

Bangun Wisata Desa, Pemdes Sukosari Minimal Butuh Rp 2 M

  Dibaca : 4 kali
Bangun Wisata Desa, Pemdes Sukosari Minimal Butuh Rp 2 M
Purnaji, Kades Sukosari, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto.(@r)

Memontum Mojokerto – Upaya Pemerintah Desa (Pemdes) untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat terus dilakukan. Salah satunya adalah, dengan usaha meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes), melalui pembangunan sarana dan prasarana dibidang pariwisata. Demikian yang dikatakan Purnaji, Kepala Desa (Kades) Sukosari, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, saat dikonfirmasi memontum.com, diruang kerjanya, Senen (5/2/2018)

Purnaji juga menyampaikan, saat ini pembangunan sarana infrastruktur¬† menuju lokasi pasar wisata sudah rampung, tinggal penataan kanan kiri jalan. Rencananya pembangunan pasar wisata akan segera dimulai, dan mudah-mudahan selesai tahun ini juga. “Untuk merealisasikan rencana tersebut, dana yang kita butuhkan, minimal 2 milyar,” ungkap Kades.

Rencana lokasi Pasar Wisata Desa Sukosari.(@r)

Rencana lokasi Pasar Wisata Desa Sukosari.(@r)

Ditambahkan Kades, dana sebesar itu nantinya, akan kita gunakan untuk sarana pendukung seperti pembuatan kolam renang, kolam pancing, taman bermain dan tempat foto selfie, yang nantinya mengarah menjadi taman desa. “Kalau keseluruhan, kemungkinan pembangunan wisata desa bisa menghabiskan sekitar 5 milyar,” tambah Purnaji.

Purnaji mengaku, pihaknya sudah mengajukan bantuan ke pusat. Kalau menunggu cairnya Dana Desa (DD), pembangunan wisata desa akan tersendat-sendat. Pasalnya, pencairan Dana Desa sekarang ini, menjadi 3 tahap, yakni 20%, 40% dan 40%. “Makanya, untuk mempercepat pembangunan wisata desa, saya bersama Pemdes mengajukan bantuan ke pusat, dan mudah-mudahan disetujui,” harap Purnaji.

Nantinya, lebih lanjut Purnaji menjelaskan, wisata desa tersebut dikelola oleh Pemdes sendiri. Yang tentunya akan melibatkan masyarakat sekitar melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).(@r/yan)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
iklan cukai pemkab sidoarjo

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional