pariwisata kabupaten jember

Desa Kayumas sang Juara 1 Lomba Kopi Dinobatkan Jadi Desa Wisata

  Dibaca : 5 kali
Desa Kayumas sang Juara 1 Lomba Kopi Dinobatkan Jadi Desa Wisata

Memontum Situbondo–– Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Situbondo tadi malam menandatangani deklarasi desa wisata Kayumas, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo, Minggu (10/12/2017).

Pantauan Memontum.com, Desa Kayumas yang lokasinya berbatasan dengan objek wisata kawah Ijen, Kabupaten Bondowoso, ini patut menjadi desa wisata. Sebab, akses menuju kawah Ijen yang sudah ‘go international’ tersebut lebih dekat bila melewati Desa Kayumas.

“Desa Kayumas bisa dapat dimanfaatkan sebagai wisata penyangga,” jelas Bupati Situbondo H Dadang Wigiarto,SH dalam sambutannya pada acara ngopi bareng dalam memperingati Hari Bakti Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Situbondo Ke-72 yang berlangsung di halaman PTPN Xll Desa Kayumas.

Penandatanganan Deklarasi Desa Kayumas, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo menjadi Desa Wisata Oleh Kadis PUPR disaksikan Bupati dan Wabup Situbondo dan ADM PTPN Xll (im)

Penandatanganan Deklarasi Desa Kayumas, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo menjadi Desa Wisata Oleh Kadis PUPR disaksikan Bupati dan Wabup Situbondo dan ADM PTPN Xll (im)

Desa Wisata Kayumas, sambung Bupati H.Dadang, diharapkan bisa menjadi desa penyanggah wisata yang dapat mengeksplorasi objek wisata alam sehingga wisatawan domestik dan mancanegara dapat singgah berkunjung di objek wisata Desa Kayumas sebelum menuju ke kawah Ijen Bondowoso.

Desa Kayumas, imbuh bupati, memiliki destinasi wisata alam seperti tanah merah dan wisata air terjun Bukit Emas, perkebunan kopi dan proses kopi luwak serta objek wisata alam lainnya yang panoramanya indah untuk disaksikan.

“Dengan penandatanganan ini, saya berharap semua kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Situbondo bisa bersama-sama mendukung pengembangan wisata di Desa Kayumas,” ajak bupati ke bawahannya.

“Dinas PUPR juga memiliki peran membangun jalan menuju objek wisata. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan Kabupaten Situbondo pada 2019 sebagai kabupaten kunjungan wisata,Desa Kayumas yang terletak di ketinggian 700 hingga 800 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini merupakan desa yang berbatasan dengan Kabupaten Bondowoso yang memiliki akses jalan menuju wisata kawah Ijen yang dikenal dengan api birunya itu. Oleh karena itu, DPUPR harus segera merealisasikan akses jalan tersebut,” ungkapnya.

Selain itu, H.Gatot Siswoyo mengatakan, dalam rangka peringatan Hari Bakti PU Ke-72 tahun 2017, pihaknya telah melaksanakan kegiatan. Di antaranya melaksanakan Spektra Pesona Kayumas, hotmil Quran, pengajian, lomba foto panorama Kayumas, Trail adventure dan ngopi bareng.

“Kegiatan ini bertujuan untuk lebih memperkenalkan keindahan panorama alam pegunungan yang tersimpan di Desa Kayumas dan untuk mempersiapkan diri pada tahun 2019 Kabupaten Situbondo akan menjadi tahun kunjungan wisata,” pungkasnya (im/yan)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
iklan cukai pemkab sidoarjo

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional