iklan Penerimaan Mahasiswa baru universitas wisnuwardhana

Sawah Milik Wabup Situbondo Jadi Percontohan Pupuk Organik Berstandar

  Dibaca : 18 kali
Sawah Milik Wabup Situbondo Jadi Percontohan Pupuk Organik Berstandar
Bupati dan Wakil Bupati Situbondo saat menebar pupuk organik berstandar di Sawah Wabup H Yoyok Mulyadi,M.Si.(im)

Memontum Situbondo Lahan Pertanian (sawah) milik Wakil Bupati (wabup) Situbondo Ir H Yoyok Mulyadi,M.Si seluas satu hektare yang terletak di Dusun Tanjung Pasir, Desa Tanjung Kamal, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo, dijadikan Lahan percontohan sawah menggunakan pupuk organik, Selasa (5/12/2017).

Menurut Wabup H Yoyok, sawahnya dijadikan percontohan organik karena melihat kerusakan unsur hara yang terkandung dalam sawahnya itu sudah mengalami kejenuhan alias fase memprihatinkan akibat penggunaan pupuk kimia berlebihan.

“Dulu sawah saya ini kelas satu. Akibat penggunaan pupuk cair kimia yang tidak punya standar tersebut, akhirnya rusak dan menjadi sawah yang kurang produktif dalam memproduksi padi. Oleh karena itu, untuk mengembalikan kesuburan unsur tanah tersebut, sawah ini saya jadikan percontohan tanaman padi yang menggunakan pupuk organik yang mempunyai standarisasi,” jelas Wabup H Yoyok yang juga seorang petani tulen ini.

Bukan hanya itu saja yang disampaikan wabup di hadapan sejumlah awak media saat melakukan penebaran pupuk organik sebanyak 24 ton untuk satu hektar sawahnya. Dia juga bersyukur saat penebaran pupuk organik di lahan persawahannya juga disaksikan KH Zaki Abdullah, pengasuh Ponpes Mambaul Hikam, Desa Panji Kidul, Kecamatan Panji, KH Lutfi Ashari, Bupati Situbondo H.Dadang Wigiarto,SH. serta para petani.

“Kehadiran KH Zaki Abdullah sebagai pelopor pertanian organik ke sawah saya merupakan suatu kehormatan yang luar biasa bagi saya selaku seorang petani desa. Oleh karena itu, ketika sawah ini nanti panen, saya serahkan semuanya kepada kiai mau diapakan hasil panennya,” tutur H Yoyok Mulyadi.

Lebih lanjut, Wabup H Yoyok, mengatakan dengan dijadikan percontohan persawahan yang menggunakan pupuk organik, diharapkan masyarakat Kabupaten Situbondo juga mengikutinya. Dengan begitu, Kabupaten Situbondo bisa menjadi percontohan pertanian organik di masa mendatang. (im/yan)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional