iklan Penerimaan Mahasiswa baru universitas wisnuwardhana

DPK Kota Batu jadi Jujugan Studi Banding

  Dibaca : 21 kali
DPK Kota Batu jadi Jujugan Studi Banding

Memontum Kota BatuDipandu seorang operator, dua perempuan berseragam pemadam kebakaran menaiki mobil tangga (aerial ladder unit) yang terparkir di halaman timur Balai Kota Among Tani Kota Batu, Selasa (14/11/2017) siang. Mereka adalah perwakilan Dinas Satpol PP Damkar dan Linmas Kabupaten Tegal yang sedang studi banding ke Dinas Penanggulangan Kebakaran (DPK) Pemkot Batu.

 

 

Kepala Dinas Satpol PP Damkar dan Linmas Kabupaten Tegal Muhammad Berlian mengatakan, rombongan berjumlah 12 orang datang untuk belajar tentang pengelolaan pemadam kebakaran. Berlian memilih Kota Batu didasarkan atas pertimbangan kelayakan. Menurutnya, organisasi pemadam kebakaran di Kota Batu cukup representatif dalam berbagai hal, baik sarana prasarana maupun sumber daya manusia (SDM).

 

 

“Kami datang ke Kota Batu untuk silaturahmi dan belajar hal-hal yang bisa diterapkan di Tegal,” ujar Berlian. Dirinya mencontohkan, Damkar Kota Batu memiliki mobil tangga. Sedangkan di daerahnya, baru memiliki fasilitas mobil rescue.

 

 

“SDM di sini mahir dalam mengendalikan peralatan elektrik. Mereka juga mahir dalam pencegahan kejadian. Kami belajar itu juga,” terangnya.

 

 

Kabid Operasional DPK Pemkot Batu, Santoso Wardoyo menyambut baik kunjungan tersebut. “Mereka ke sini (Kota Batu) belajar pengelolaan manajemen damkar sekaligus ingin berbagi dengan kami,” jelas Santoso. Kegiatan ini, tambah Santoso merupakan hal baik. Khususnya untuk membangun jejaring bagi kemajuan pemadam kebakaran di Indonesia.

 

Meski hanya sehari, kunjungan ini dinilai sangat bermanfaat bagi kedua institusi berbeda daerah ini. Santoso berharap, dari studi ini, akan ada perubahan lebih baik dibanding kondisi sekarang. Bukan kali pertama Damkar Kota Batu dikunjungi daerah lain. Sebelumnya, kata dia, beberapa daerah di Jawa dan luar Jawa  pernah datang untuk studi banding.

 

 

“Mereka datang ke sini tidak hanya belajar, tapi juga berbagi pengalaman. Kita juga belajar dari mereka,” imbuhnya.(cw2/yan)

 

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional